Pemasaran herbal dalam peningkatan ekonomi keluarga

Authors

  • Reti Puji Handayani Program Studi D3 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik

DOI:

https://doi.org/10.51873/jhcs.v2i2.58

Keywords:

Pemasaran, Herbal, Ekonomi keluarga

Abstract

Latar belakang: Desa Gardu adalah desa yang terletak di kecamatan Kiarapedes, berjarak 21 Km dari pusat kota kabupaten Purwakarta. Dengan suhu udara yang dingin dan curah hujan yang tingi menjadikan desa Gardu potensial dalam membudidayakan tanaman obat dengan mengolah sesuatu menjadi produk komersial untuk menambah pundi perekonomian dalam keluarganya. Ketatnya persaingan mengharuskan masyarakat berpikir kreatif dan inovatif, dalam hal ini buah pala (Myristica fragrans Houtt) yang banyak tumbuh di desa Gardu merupakan komoditas unggulan pertanian. Hasil produk pala dimanfaatkan menjadi manisan pala yang cukup menarik bagi masyarakat di luar Purwakarta mengikuti permintaan pasar dan perkembangan jaman. Realitanya penjualan produk olahan berkhasiat tidak dibarengi dengan pengetahuan strategi pemasaran yang baik sehingga menunjukkan tren tidak mencapai laba maksimal.

Tujuan: Memberikan penyuluhan bagi Masyarakat desa Gardu tentang pemasaran herbal dalam peningkatan ekonomi keluarga.

Metode: Pengabadian ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif melalui penyuluhan. Kegiatan terdiri dari dua tahap, yaitu penyampaian materi mengenai dasar-dasar dan strategi pemasaran produk herbal, serta sesi diskusi interaktif bersama masyarakat. Setelah kegiatan penyuluhan, diberikan angket kepada peserta untuk mengukur respons dan tingkat pemahaman mereka terhadap materi yang telah disampaikan. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasarkan hasil angket

Hasil: Pengetahuan masyarakat mengenai informasi pemasaran herbal dalam peningkatan ekonomi keluarga meningkat berdasarkan hasil angket yang menyatakan bahwa materi disampaikan dengan jelas, alokasi waktu pemberian penyuluhan cukup, pemahaman strategi pemasaran herbal meningkat serta materi memberikan manfaat untuk diri sendiri, orang lain dan keluarga.

Kesimpulan: Masyarakat memperoleh pengetahuan tentang beberapa strategi pemasaran herbal dalam peningkatan ekonomi keluarga

Downloads

Download data is not yet available.
Pemasaran Herbal dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga

Published

30.03.2025

How to Cite

1.
Pemasaran herbal dalam peningkatan ekonomi keluarga. j. holist. community serv. [Internet]. 2025 Mar. 30 [cited 2025 Oct. 16];2(2):54-7. Available from: https://jhcs.stikesholistic.ac.id/index.php/jhcs/article/view/58